Kamis, 08 Juni 2017

MEDIA PENYIMPANAN DISK

Media Penimpanan

1. MEDIA PENYIMPANAN DISK
1.1  Floopy (Diskette)
Floppy disks adalah media penyimpanan yang bersifat flexible removable. Floppy disket dibuat dari plastik. Disk melingkar didalam suatu bagian yang melingkupinya. Disk dilapisi dengan partikel magnetic. Partikel magnet tersebutberlaku sebagai media penyimpanan data. Disket dipasang pada floppy drive akan diputar dengan kecepatan 360RPM, dan menggunakan read/write head yang menyentuh permukaan dari disket.

1.2  Zip Driver
Zip driver merupakan media penyimpan disk dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.

1.3  Harddisk
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan.

Disk Akan Terbagi Menjadi Tracksdan Sector.

1.3.1 Track
Satu dari berbagai daerah penyimpanan data yang berbentuk melingkar secara konsentris pada floppy disk atau hard disk, seperti bentuk spiral pada CD dan berbentuk garis parallel pada magnetic tape. Track terdiri dari sector-sektor yang direkam pada disk oleh system operasi. Jumlah Sektor tiap track berbeda, track yang terluar akan mempunyai jumlah sector paling banyak dibandingkan dengan track yang terdalam.
1.3.2 Sector
Sektor adalah unit penyimpanan fisik terkecil pada disk dan besarnya tetap (biasanya masing-masing dapat menyimpan informasi 512 byte).
1.4  USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

Keuntungan penggunaan Media Penyimpanan Disk
—  Akses terhadap suatu record dapat dilakukan secara sequential atau direct
—  Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses suatu record lebih cepat
—  Respontime cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar