Kamis, 08 Juni 2017

Mengurutkan Data dalam excel

Mengurutkan Data dalam excel

Cara Mengurutkan Data ( Sorting ) Pada Ms Excel


Jika anda sering bekerja menggunakan Microsoft Excel, pada suatu saat anda mungkin ingin mengurutkan data secara alfabetis, dari yang terbesar, dari yang lebih lama, dan lain sebagainya. Proses pengurutan data seperti ini biasanya digunakan untuk membuat data yang kita buat menjadi tersusun seperti data diurutkan dari alfabetis A, kemudian B, sampai yang terakhir Z. Atau bila anda ingin mengurutkan nilai raport siswa dari yang jumlah raport  terbesar (ranking 1) sampai ranking terakhir, atau mungkin anda ingin mengurutkannya berdasarkan tanggal dan lain sebagainya.
Sort adalah perintah untuk mengurutkan data berdasarkan kondisi tertentu. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara memilih fasilitas sorting pada Microsoft Excel, berikut langkah-langkahnya
  • Tempatkan kursor di dalam tabel data.
  • Klik menu Data.
  • Pada ribbon-bar klik Sort.
 Image
Kotak dialog Sort akan tampil seperti berikut ini.
 Image 
Keterangan:
=>  Bagian Sort by berisikan nama field atau nama kolom yang digunakan sebagai acuan pengurutan             data.
=>  Bagian Sort On digunakan untuk menentukan tipe data yang ingin diurutkan.
=>  Bagian Order digunakan untuk menentukan kondisi pengurutan data, yaitu secara Ascending                   (menaik) atau Descending (menurun).
=>  Tombol Add Level digunakan jika kita ingin mengurutkan data pada beberapa kolom atau beberapa            baris sekaligus.
=>  Tombol Options digunakan untuk menentukan arah pengurutan data, apakah berdasarkan kolom (dari       atas ke bawah) atau berdasarkan baris (dari kiri ke kanan).
=>  Pilihan My data has headers sebaiknya diaktifkan agar pada bagian Sort by dapat terlihat judul               kolom atau judul baris yang terdapat pada tabel.
Sebagai contoh, pada tabel penjualan berikut ini:
 Image 
Untuk mengurutkan nilai penjualan dari nilai terkecil sampai ke nilai terbesar, pilih field PENJUALAN 1 pada bagian Sort by lalu tekan tombol Ok.
 Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar