Kamis, 08 Juni 2017

newsgroup

newsgroup

A. Penjelasan tentang newsgroup
Newsgroup adalah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.
Atau definisi dari newsgrup yang lain adalah suatu aplikasi di internet yang dipakai untuk saling berkomunikasi satu sama lain di dalam sebuah forum.  Biasanya, anggota newsgroup memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama untuk membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap juga sebagai bulletin board, yang dimana setiap orang bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung di dalam kelompok tersebut.
B. Hirarki atau kategori pengelompokan pada newsgroup
Hirarki yang paling dikenal pada news group yaitu:
  • comp.* = Diskusi dengan topik yang ada berhubungan dengan komputer.
  • news.* = Diskusi yang digunakan seputar usenet.
  • sci.* = Diskusi yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec.* = Diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi (misalnya seperti game dan hobi)
  • soc.* = Diskusi tentang topik sosial.
  • talk.* = Diskusi mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan misalnya seperti polotik.
  • misc.* = Diskusi untuk topik yang beragam, yang tidak termasuk kedalam hirarki diatas.
  • humanities.* = Digunakan untuk diskusi dengan topik yang berkitan dengan filsafat, literatur, dan sebagainya.
Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori (hirarki). Tujuan dari pengaturan pengelompokan ini yaitu untuk mempermudah pengaturan serta untuk mempermudah penyimpanan berita. Terdapat banyak hirarki yang ada. Tapi yang paling umumnya ada 8 (delapan) hirarki, atau yang dikenal dengan sebutan sebagai The Big 8.
Selain The Big 8 masih terdapat banyak hirarki di newsgroup, yang mulai bermunculan. Tapi penggunaan hirarki lain memang tak sebesar The Big 8. Hirarki yang lain tersebut diantaranya seperti de.* (Newsgroup Jerman), uk.* (Newsgroup United Kingdom), fr.* (Newsgroup Perancis), cn.* (Newsgroup China) dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar